Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gerbang Pintu Tempa Ornamen Tombak Klasik

Pintu Gerbang adalah aspek penting untuk perwajahan dari rumah kita. Dan pada posisi paling di depan, biasanya orang mengatakan dengan istilah lain sebagai ujung tombak. Jika di ibaratkan sebuah barisan perang, maka posisi ujung tombak ini sangat penting.

Dikarenakan nama aliasnya adalah ujung tombak, maka tak jarang orang menghiasi pintu gerbang tersebut dengan ornamen ujung tombak, atau istilahnya orang Jawa mengatakan tumbakan.
Ujung runcing ini kurang disukai oleh beberapa etnis karena satu dan lain hal, dan salah satunya ialah dikarenakan mengesankan kegarangan, bahkan ada juga yang menyambungkannya dengan aliran chi yang berpengaruh pada keharmonisan rumah. Akan tetapi bagi kebanyakan orang, ujung tombak yang runcing tersebut bisa diartikan sebagai ketegasan dan untuk menandaskan rasa aman dengan kehadiran simbol senjata tersebut.
Demikianlah sekilas filosofis di balik pintu gerbang dengan ornamen berbentuk mata tombak. Akan tetapi tentu saja masing-masing pribadi bisa untuk menafsirkannya seseuai dengan selera masing-masing asalkan masih sesuai dengan nalar logika manusia. 

*chi = adalah aliran energi pada alam yang dipercayai masyarakat etnis china.

Post a Comment for "Gerbang Pintu Tempa Ornamen Tombak Klasik"